Ingin Dirikan Klinik Saintifikasi Jamu, RS Persahabatan dan RS Paru Kunjungi B2P2TOOT

Ingin Dirikan Klinik Saintifikasi Jamu, RS Persahabatan dan RS Paru Kunjungi  B2P2TOOT

Foto: litbang.depkes

BojonegoroToday – Tawangmangu – Rencana kerjasama antara RS Persahabatan dan RS Paru berujung pada kunjungan dr. M. Goenawan Partowidigdo ke Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu (B2P2TOOT ) pada Rabu (1/10) lalu.

Sebagaimana dilansir dari litbang.depkes.go.id, Jumat (3/10) para rombongan perwakilan dari kedua Rumah Sakit disambut oleh Kepala B2P2TOOT, Indah Yuning Prapti, SKM, M.Kes dan sejumlah pejabat struktural.

Para tamu tersebut akhirnya diajak melihat-lihat koleksi tanaman obat dan obat tradisional yang dimiliki B2P2TOOT. Mereka diajak berkeliling ke Kebun Produksi, Etalase Tanaman Obat, Laboratorium Terpadu dan Klinik Saintifikasi Jamu Balai Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional.

dr. M. Goenawan Partowidigdo dalam acara kunjungan tersebut menyampaikan harapannya untuk mendirikan Klinik Saintifikasi Jamu seperti yang telah dibangun oleh B2P2TOOT sekaligus menjalin kerja sama.

Selain itu mereka juga berkeinginan untuk mengadakan penelitian berbasis pelayanan untuk membuktikan khasiat yang dihasilkan oleh tanaman obat tertentu dalam penyembuhan suatu penyakit.

Badan Litbangkes pada intinya menyambut baik keinginan kerjasama dengan dua RS tersebut dan mengarahkan mereka untuk mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan No. 003/Menkes/Per/I/2010 tentang Saintifikasi Jamu terkait rencana pendirian klinik.

Badan Litbangkes juga menyarankan agar RS tersebut mengirimkan dokter ataupun apotekernya yang tertarik atau telah berkecimpung dalam bidang ini untuk mengikuti pelatihan saintifikasi jamu di B2P2TOOT Tawangmangu. Diharapkan dokter atau apoteker tersebut nantinya memiliki kompetensi yang baik untuk mewujudkan harapan RS tersebut. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *