Inkonsistensi Aparat Kepolisian pada Operasi Zebra 2014

Pemerintah telah mengumumkan bahwa akan diadakannya Operasi Zebra Jaya 2014 yang akan berlangsung dari 26 November hingga 9 Desember. Operasi yang bertujuan untuk menertibkan pengguna jalan ini digelar di seluruh wilayah Indonesia secara serentak.

Beberapa laporan media online menyebutkan bahwa Operasi Zebra diklaim sukses menurunkan tingkat kecelakaan dan curanmor di berbagai daerah. Hal ini ditandai dengan berhasil ditilangnya ribuan pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas, baik pengendara roda dua maupun roda empat.

Namun sangat disayangkan, di beberapa lokasi terjadi pelanggaran lalu lintas justru oleh aparat kepolisian sendiri. Ini menunjukkan kurang maksimalnya kinerja aparat dan tidak memberi contoh yang bagus bagi pengguna jalan.

Di Jakarta misalnya, dari laporan seorang pengendara yang melihat oknum polisi melintas melalui jalur busway justru pada hari dimana Operasi Zebra sedang berlangsung. Terlihat dalam foto dua orang polisi sedang mengendarai motor melenggang di jalur busway.

operasi zebra polisi masuk bus way

Sumber: aripitsop

Sementara itu di Banda Aceh, sejumlah orang yang terjaring razia kecewa dengan sikap aparat kepolisian yang membiarkan lewat orang dengan tubuh tegap dan rambut cepak, walaupun tidak menggunakan helm.

Seorang pengendara motor mengungkapkan kekecewaannya, lantaran dirinya yang terjaring razia karena tidak membawa helm, namun aparat justru membiarkan begitu saja seseorang dengan rambut cepak lewat tanpa helm. (Sumber: simomot)

Dalam sebuah rilis resmi (26/11), Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Unggung Cahyono mengatakan bahwa oknum TNI dan Polisi yang melanggar akan tetap ditindak.

“Iya tetap kita tindak. Maka dari itu operasi ini kita tidak sendirian, tetapi juga ada unsur TNI dari Pomad, Pomal dan Pomau,” Tegas Kapolda setelah apel sebelum Operasi Zebra Jaya digelar.

Kita berharap aparat tidak melakukan tebang pilih dan memberi contoh yang baik kepada masyarakat demi ketertiban dan kenyamanan berkendara bersama.

You may also like...