ITB Bentuk Panitia Untuk Pencarian Calon Rektor Baru

ITB Bentuk Panitia Untuk Pencarian Calon Rektor Baru

BojonegoroToday – Menjelang berakhirnya masa jabatan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB)  Prof. Dr. Akhmaloka (2010-2014), panitia mulai merencanakan proses pencarian calon rektor baru untuk memimpin kampus ini.

Rektor baru ITB nantinya akan menduduki masa jabatan dari tahun2014-2019. Saat ini pihak ITB sedang melakukan proses pencarian dan verifikasi calon nominasi rektor baru dengan membentuk panel ahli. Proses ini akan memakan waktu dari  25 Agustus hingga 11 Oktober 2014. Sementara pengumuman nominasi akan dilakukan pada 15 Desember mendatang.

Ketua Panitia, Jann Hidayat menyatakan Senin (25/8) dalam acara jumpa pers di Gedung Rektorat Kampus ITB, menyatakan bahwa panel ahli yang dibentuk ini mampu memperoleh calon-calon rektor yang baik yang tidak ambisius untuk menduduki jabatan sebagai rektor. Panel ahli harus jeli dalam mencari calon potensial untuk diajukan sebagai nominasi dalam proses pencarian selama 1 bulan lebih.

Tidak menutup kemungkinan pula bahwa panitia juga menerima usulan dari masyarakat kampus seperti dosen, mahasiswa maupun tenaga pendidik yang ingin mengajukan nama-nama yang bisa dijadikan calon rektor.

Namun dengan pertimbangan bahwa calon tersebut sesuai dengan syarat yang ditetapkan panitia, paparnya.

Syarat administrasi pendaftaran calon rektor ini yaitu berusia di bawah 60 tahun, harus mempunyai gelar doktor (S3), dan sehat jasmani rohani.

Panel ahli nantinya akan melakukan verifikasi yang memenuhi syarat administrasi dan kredibilitas. Pengumuman nama-nama yang lolos pada tahap ini akan dilakukan tepatnya pada tanggal 23 Oktober 2014 nanti.

Tahap berikutnya calon disyaratkan menulis paper untuk penjelasan visi misinya. Tahap ini nantinya akan menyeleksi 10 calon yang akan diajukan ke senat akademik.

Proses berikutnya 10 calon rektor akan melakukan debat calon dalam acara pleno terbuka tanggal 8 November 2014, dan nantinya akan dipilih lima orang yang akan menjalani tahap akhir dari pemilihan rektor ITB. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *