Kabut Asap Kebakaran di Kalimantan Ganggu Aktivitas Warga Banjarbaru

Kabut Asap Kebakaran di Kalimantan Ganggu Aktivitas Warga Banjarbaru

Banjarbaru – Parahnya kabut asap akibat kebakaran hutan, lahan, dan semak belukar di Kalimantan semakin dirasakan warga Banjarbari, Kalimantan Selatan. Asap kabut tersebut bahkan mengganggu aktivitas warga karena jarak pandang tidak sampai sepuluh meter.

Berdasarkan Antara, Minggu (5/10), wilayah dengan kondisi kabut asap terparah ada di kawasan Kecamatan Landasan Ulin dan Liang Anggang. Pengendara di jalan kesulitan karena jangkauan yang terbatas di bawah 10 meter membuat mereka harus ekstra hati-hati.

Salah seorang pengemudi mobil,  Rudi yang melintasi Jalan Ahmad Yani Km 23 Banjarbaru pukul 06.30 WITA menyatakan bahwa minimnya kemampuan jangkauan pandangan membuat ruas jalan protokol yang menghubungkan Kota Banjarbaru dan Banjarmasin itu tampak gelap dan samar-samar karena dipenuhi kabut asap.

Bahkan agar tidak terjadi tubrukan dengan pengendara lain, beberapa pengendara motor sampai membunyikan klakson untuk memberitahukan posisi mereka sehingga diketahui pengendara lain.

Kondisi asap kabut akibat kebakaran hutan dan lahan semakin menimbulkan dampak yang negatif bagi masyarakat. Mulai dari aktivitas yang terganggu hingga penyakit saluran nafas.

Selain di Banjarbaru, kabut asap juga menyelimuti Kota Martapura, Kalimantan Selatan sejak tiga hari terakhir. Hampir seluruh kawasan di Kota Martapura diliputi kabut asap cukup pekat. Jarak pandang di kawasan pusat kota tersebut diperkirakan hanya 100-200 meter. Bahkan lebih parah lagi di kawasanpinggiran kota jarak pandang hanya berada di bawah 50 meter.

Saat ini pemerintah dan Badan Nasional Penangggulangan Bencana berupaya memadamkan kebakaran dengan membuat hujan buatan dengan menaburkan garam dengan pesawat Hercules milik TNI untuk memancing turunnya hujan. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *