KAI Hidupkan KRL Pertama untuk Wisata Kota Tua

 KAI Hidupkan KRL Pertama untuk Wisata Kota Tua

BojonegoroToday – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan kembali menjalankan jalur kereta rel listrik (KRL) pertama di daerah wisata kota tua.

Menurut EVP Heritage, Conservation & Architecture Design PT Kereta Api Indonesia (Persero) Ella Ubaidi, kereta rel listrik pertama atau KA Bonbon tersebut sudah diperbaiki dan rencana ke depan, pihaknya akan mengoperasikan kereta ini di kawasan kota tua di jalur wisata Jakarta Kota – Ancol _ Tanjung Priok.

Ella menyatakan di sela-sela acara HUT Kereta Api yang ke-69 di Bandung, Minggu (28/9) kemarin bahwa selama ini KRL pertama di Indonesia itu disimpan di Balai Yasa Manggarai dan tidak beroperasi.

Kereta rel listrik  tersebut kini sudah diperbaiki. Namun untuk mengoperasikannya kepada publik, pihaknya belum melakukan karena masih menunggu proses perizinan dan kelayakan untuk operasional dari pihak berwenang.

Apalagi kondisi KRL pertama yang dinamai Kereta Jokotob tersebut bisa dibilang sudah tua. Sehingga rencana tersebut baru akan digunakan untuk perjalanan di area Kota Tua saja.

Ella menjelaskan bahwa pihak PTKA sedang dalam proses untuk menghidupkan kembali warisan budaya dari kereta api. Sehingga beberapa lokomotif lainnya sedang direstorasi kembali. Pihaknya akan menggandeng Belanda untuk mewujudkan hal tersebut.

Pihak Belanda sengaja digandeng karena mereka memiliki kemampuan untuk merestorasi dan menegtahui detail teknis kereta lokomotif uap. Mereka nantinya akan mengajarkan kepada teknisi di Indonesia untuk proses restorasi.

Salah satu lokomotif uap yang berhasil dihidupkan kembali adalah B5112. Lokomotif uap ini akan beroperasi di jalur wisata warisan budaya di kawasan Solo. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *