LAPAN dan PTDI Teken Pengembangan Pesawat Baru N219

LAPAN dan PTDI Teken Pengembangan Pesawat Baru N219

BojonegoroToday – Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Budi Santoso telah menandatangani MoU Pembangunan pesawat N-219 dengan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamalludin, pada hari ini Selasa (9/9) di Gedung GPM PT DI, Jalan Pajajaran, Bandung, Jawa Barat.

Pesawat N219 merupakan proyek utama untuk dikembangkan kedua belah pihak terkait dengan upaya untuk meningkatkan geliat teknologi pembuatan pesawat hasil karya anak negeri.

Penandatanganan MoU juga diiringi dengan acara First Cutting Detail Part Manufacturing.  Ini merupakan bentuk simbolis bahwa proyek produksi komponen pesawat sudah dimulai.

Pasca penandatangan Mou, Budi mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat bangga karena dipercaya untuk bekerja sama dengan LAPAN dalam mengembangkan pesawat N219 ini. Pihaknya menjanjikan bahwa pesawat bermuatan 19 orang ini akan bisa hadir tepat waktu, tepat mutu, sekaligus tepat biaya.

Purwarupa N219 ini, lanjut Budi, akan ditargetkan bisa keluar hanggar untuk dipamerkan pada Agustus 2015 nanti. Selain itu target pesawat ini adalah melakukan penerbangan pertama pada 2016, dan masuk pasar pada tahun 2017 pasca proses sertifikasi.

Komentar positif juga diungkapkan oleh Thomas Djamalludin dari pihak LAPAN, bahwa  N219 ini bisa menjadi batu loncatan dalam pengembangan teknologi penerbangan. Sehingga industri dirgantara dalam negeri bisa kembali bangkit.

N219 merupakan pesawat untuk kapasitas 19 penumpang yang nantinya diharapkan menjadi pesawat perintis untuk transportasi di daerah terpencil. Seluruh pengembangan prototipe pesawat akan dilakukan LAPAN dan PTDI. Rencananya pesawat ini akan dibuat secara massal pasca sertifikasi sehingga bisa dipasarkan lebih luas.(es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *