Ledakan Bom Rakitan di Poso Dilakukan Oleh Kelompok Tak Dikenal

Ledakan Bom Rakitan di Poso Dilakukan Oleh Kelompok Tak Dikenal

BojonegoroToday – Poso – Selasa (07/10) pagi terjadi kegaduhan di Desa Dewua, Kecamatan Poso Pesisir Selatan. Warga mendengar suara ledakan bom rakitan yang diikuti dengan suara tembakan dari mobil aparat kepolisian.

Polisi menyatakan suara ledakan bom rakitan tersebut dilancarkan oleh kelompok yang tidak dikenal.  Dikutip dari BBC, mereka diperkirakan berjumlah 10 orang.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun demikian seorang petugas kepolisian mengalami luka-luka di jari.

“Itu kan sekitar jam 4 jam 5 ada informasi ledakan di Poso Pesisir itu, ada kelompok tidak dikenal dan anggota kita luka di jari terkena serpihan itu, kita berupaya untuk menangkap mereka dalam keadaan hidup sehingga bisa kita memproses,” jelas Juru Bicara Mabes Polri Kombes Pol Agus Rianto.

Saat ini pelaku ledakan bom tersebut masih dalam pengejaran pihak kepolisian.

Agus menambahkan bahwa  hari Minggu lalu, aparat menangkap empat orang yang diduga memiliki hubungan dengan kelompok terorisme pimpinan Santoso. Pelaku  yang berhasil ditangkap berinisial S (29) dan F (34) dan mereka diduga bertugas dalam pencarian dana bagi kelompok tersebut. Salah seorang mahasiswa juga ikut ditangkap karena membonceng terduga kasus terorisme, sementara satu orang lagi berinisial A (34) adalah montir yang dituduh menampung dua terduga kasus terorisme.

Kepolisian sendiri menyatakan bahwa dua orang yang ditangkap tersebut merupakan buronan terkait penangkapan 3 warga Palu dan empat WNA dari Uigiur, Turkistan di Kabupaten Parigi Moutong, bulan lalu.

Meski berhasil menangkap terduga teroris, kata Agus, kepolisian belum dapat mengungkapkan keterkaitan dua peristiwa tersebut.

Kelompok Mujahidin Indonesia Timur juga mendapatkan pujian dari anggota ISIS di Suriah, melalui YouTube, karena dukungan yang dibuktikan dengan mengirimkan seorang yang pernah dilatih oleh Santoso ke negara tersebut. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *