Mangga Indonesia Ditolak Sejumlah Negara

Mangga Indonesia Ditolak Sejumlah Negara

BojonegoroToday – Upaya Indonesia untuk memperluas ekspor produk buah ke sejumlah negara tidak semulus yang diharapkan. Memang terdapat hambatan yang membuat produk buah Indonesia ditolak misal karena tidak sesuai standard negara tersebut.

Kali ini problem penolakan buah ekspor Indonesia untuk masuk ke ke Jepang, Korea dan Tiongkok karena adanya lalat buah yang ditemukan pada mangga-mangga yang diekspor.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan,  Hasanuddin Ibrahim menyatakan kepada Detik.com pada hari Selasa (2/9/2014), bahwa negara seperti Jepang, Korea, dan Tiongkok tidak mengizinkan masuknya mangga Indonesia ke negaranya. Hal itu disebabkan adanya lalat buah.

Ia menilai memang bagi sebagian negara ditemukannya lalat pada buah itu sangat berbahaya, apalagi kalau masuk ke negara yang mengandalkan sektor hortikultura. Dikhawatirkan telur lalat buah dalam mangga bisa keluar dan berkembang biak. Dampaknya bisa fatal, yakni penyebaran hama dari lalat buah bisa menyerang produksi seluruh kebun buah di negaranya.

Kendati ditolak di Jepang,Korea, dan Tiongkok, mangga lokal Indonesia masih bisa masuk di Hong Kong dan Timur Tengah. Kedua negara tersebut tidak mempermasalahkan soal lalat buah. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *