Museum Loka Jalacrana Tampilkan Replika Kapal Perang Bersejarah

Museum Loka Jalacrana Tampilkan Replika Kapal Perang Bersejarah

KRI Dewaruci. Foto: aal.ac.id

BojonegoroToday – Museum Expo 2014 yang digelar di Royal Plaza, Surabaya, mulai Tgl. 17 – 21 September 2014 tampak semarak dengan partisipasi dari Museum Loka Jalacrana Akademi Angkatan Laut (AAL). Museum ini menyajikan sejumlah replika kapal perang bersejarah yang menjadi bagian dari kekuatan maritim dan bahari di Indonesia.

Kepala Museum Loka Jalacrana AAL Mayor Laut (KH) Bambang Suroto pada hari Kamis, (18/9/2014) mengungkapkan bahwa replika kapal perang yang ditampilkan dalam pameran ini adalah KRI Irian, KRI Macan Tutul, dan KRI Dewaruci.

Pameran tersebut juga menampilkan benda-benda bersejarah kapal perang seperti bendera isyarat kapal perang, foto-foto kegiatan taruna AAL, visualisasi profil AAL dan foto-foto kapal perang.

Ia menambahkan bahwa Museum Loka Jalacrana adalah bagian dari objek wisata pendidikan bernuansa bahari yang ada di ibukota Jawa Timur ini.

Mayor Bambang menjelaskan bahwa keikutsertaan museum ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan promosi dan mengenalkan TNI AL secara umum dan taruna AAL secara khusus kepada publik dengan menggandeng Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Setidaknya 33 museum binaan Pemda di Jatim dan 10 museum binaan Pemprov Jatim ikut berpartisipasi dalam even Museum Expo 2014 yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Selama empat hari Museum Expo ini dibuka untuk umum dari pukul 9 pagi hingga 21 malam. Para pengunjung yang hadir bisa menikmati ragam koleksi yang ada di pameran museum tersebut tanpa dipungut biaya.

Dalam pembukaan ajang Museum Expo ini, Sekda Provinsi Jatim Dr. Achmad Sukardi mengatakan bahwa pameran ini juga dapat dijadikan salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga tercinta di akhir pekan. (es/aal.ac.id)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *