Operasi Pemisahan Kembar Siam Bima-Arjuna Dilakukan Hari Ini

Operasi Pemisahan Kembar Siam Bima-Arjuna Dilakukan Hari Ini

BojonegoroToday – Bandung – Operasi Bima-Arjuna yang kembar berlangsung di Rumah Sakit Hasan Sadikin  Kota Bandung. Si kembar menjalani operasi pemisahan pada Senin (6/10) mulai pukul 06.30 WIB, dilansir dari Antara.

Prof Dr Abdurahman, anggota tim dokter yang menangani operasi Bima-Arjuna, mengatakan operasi membutuhkan waktu lama karena kondisinya yang rumit. Rencananya para dokter akan melakukan operasi pemisahan pada hari ini (Senin). Setelah perkembangannya semakin baik maka pihaknya akan melakukan tahap selanjutnya untuk Bima-Arjuna.

Direktur Utama Rumah Sakit Hasan Sadikin, Benny Wahyudi mengatakan tim dokter yang menangani operasi pemisahan bayi kembar siam asal Cianjur itu terdiri dari 10 spesialis. Mulai dari dokter spesialis anestesi, bedah anak, urologi, bedah plastik, orthopedi, anak, radiologi, patologi klinik, rehabilitasi medik, ahli psikologi, ahli farmasi, ahli gizi dan sejumlah perawat.

Muhammad Thobaroq Bima Hasan (Bima) dan Muhammad Thobaroq Arjuna Sadikin (Arjuna) lahir pada 2 Januari 2013 secara normal. Operasi untuk memisahkan dempet di bagian pantat memang dilakukan setelah menunggu matangnya organ-organ tubuh sehingga hal itu bisa meminimalkan risiko dan masalah saat pelaksanaan operasi.

Bayi kembar siam pasangan Robby dan Susan, yang berasal dari Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur ini mengalami kembar dempet bokong, dengan alat vital, anus dan sebagian usus kedua bayi itu menempel. Istilah kedokteran menyebut kasus ini sebagai conjoined twin inchiopagus tetrapus, kata Benny. Hingga kini mereka mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Hasan Sadikin. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *