Pengumuman Resmi Dirilis, Indonesia Jadi Tuan Rumah

Pengumuman Resmi Dirilis, Indonesia Jadi Tuan Rumah

BojonegoroToday – Akhirnya rilis resmi bahwa Indonesia akan menjadi negara tuan rumah untuk Asian Games 2018 diumumkan pada hari Sabtu (20/9). Posisi Indonesia ini akan menggantikan hak Vietnam sebagai tuan rumah yang dibatalkan karena masalah finansial, demikian dilansir dari AP, Minggu (21/9/2014).

Komite Olimpiade Nasional Indonesia mengatakan pada hari Sabtu (20/9) bahwa even olah raga ini akan diselenggarakan di ibukota Jakarta, dan daerah Sumatera Selatan dan Jawa Barat.

Ketua Komite yakni Rita Subowo mengungkapkan bahwa kesempatan ini mendapat dukungan yang kuat dari pemerintah pusat dan daerah, serta dari infrastruktur yang sudah ada.

Ia menilai bahwa adanya bandara dan sistem transportasi umum baru di Jakarta juga akan selesai pada saat even dimulai.

Menurut Rita, pengumuman resmi ini membuat Indonesia harus berjuang mulai dari saat ini. Bukan hanya masalah bersaing dalam pertandingan, tetapi juga untuk menyambut sebagai tuan rumah atau relawan.

“Sekarang ini adalah kesempatan untuk generasi muda kita untuk berpartisipasi, tidak hanya bersaing tetapi juga untuk menjadi tuan rumah untuk menyambut sebagai relawan,” tandasnya.

Awalnya Ibukota Vietnam Hanoi,mendapat tawaran untuk menjadi negara tuan rumah Asian Games 2019. Namun Vietnam mengundurkan diri pada bulan April, dengan alasan kurangnya dana. Acara ini memang menyedot dana yang besar, hampir setara dengan olimpiade jika dilihat dari total jumlah atlet yang bertanding.

Selain itu awalnya panitia penyelenggara Asian Games ingin menggelar acara ini di tahun 2019, namun Indonesia meminta untuk dimajukan ke tahun 2018 karena bertepatan dengan pemilihan presiden di tahun 2019.  (es)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *