Pentingnya Pusat Layanan Terpadu untuk Atasi Masalah Warga Miskin

Pentingnya Pusat Layanan Terpadu untuk Atasi Masalah Warga Miskin

BojonegoroToday -Pusat pelayanan sosial yang dilakukan secara terpadu semakin dibutuhkan masyarakat terkhusus kalangan menengah ke bawah. Kemiskinan yang ada kerap membuat masyarakat miskin mengalami berbagai kendala dalam hidup sehari-hari mulai dari masalah ekonomi, pendidikan, hingga kesehatan.

Keberadaan pusat pelayanan terpadu ini baru ada di sejumlah titik, yakni di Kabupaten Payakumbuh, Sumatera Barat; Sukabumi, Jawa Barat; Sragen, Jawa Tengah; Berau Kalimantan Timur dan Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufrie mengatakan di Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (12/9) lalu,“Salah satu kelemahan dari penanggulangan kemiskinan adalah kurangnya kerjasama antar pihak seperti pemerintah pusat dan daerah atau antar instansi. Pusat pelayanan ini akan memadukan semua,” katanya.

Warga dapat menyalurkan menyampaikan kebutuhan maupun keluhan mereka di pusat pelayanan terpadu tersebut. Setiap perwakilan dari setiap instansi dan pekerja sosial akan ada di sana dan siap membantu mengarahkan pada pihak yang datang.

Segala persoalan bisa disampaikan di pusat layanan terpadu, mulai dari masalah ekonomi, sosial, pendidikan, hingga kesehatan.

“Kami masih melakukan evaluasi terhadap keberadaan pusat pelayanan ini. Jika mendapatkan respon baik, ke depan kami harap lebih banyak daerah melakukannya,” kata Salim, dikutip dari Kompas (13/9).

Kepala Dinas Sosial Jawa Tengah, Budi Wibowo mengungkapkan, pusat pelayanan warga di Sragen telah eksis selama beberapa tahun ini karena inisiatif kepala daerah. Program itu selaras dengan program dari Kementerian Sosial hingga kini terus dikembangkan.

Kendati demikian, Budi mengungkapkan bahwa tidak semua permasalahan warga bisa diselesaikan  secara langsung.

Misalnya permasalah pengangguran, pusat pelayanan tidak lantas bisa memberikan pekerjaan atau menghubungkan warga ke pihak pemberi kerja. Pusat pelayanan hanya sekedar membantu menginformasikan mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia sehingga langkah berikutnya tergantung usaha masing-masing pribadi. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *