Petugas Haji Indonesia Siapkan Kelengkapan Maktab untuk Jamaah

Petugas Haji Indonesia memberikan pengarahan

Petugas Haji Indonesia memberikan pengarahan / Foto: kemenag.go.id

BojonegoroToday – Menjelang jatuhnya acara puncak haji pada tanggal 3 Oktober 2014 nanti, pihak petugas haji Indonesia melakukan pengecekan di sejumlah sektor. Pengecekan yang dilakukan berlangsung sejak Jumat (26/9) pagi hingga sore hari.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah dari Indonesia Nasrullah meninjau sejumlah lokasi yang akan dituju oleh para jamaah haji nanti. Mulai dari Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Ketua Bidang Perlindungan Jamaah Haji Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Kolonel Ahmad Riad dan Kasat Ops Arafah-Muzdalifah-Mina Letkol Abu Haris.

Persiapan untuk puncak acara tersebut di antaranya dengan meninjau maktab-maktab yang akan ditempati oleh jamaah haji Indonesia. Maktab-maktab tersebut akan dipasangi tenda-tenda, karpet, AC dan juga persiapan toilet-toilet.

Selain pengecekan dan persiapan untuk fasilitas di maktab. Para petugas juga mengenalkan pos-pos bagi para petugas yang nantinya akan bertugas di Arafah.  Selain itu persiapan juga dilakukan dengan menggandeng pihak yayasan yang bekerja sama terkait dengan jasa layanan untuk jamaah haji termasuk juga persiapan peta menuju lokasi Arafah Muzdalifah Mina. Selain itu layanan tentang transportasi serta katering untuk jamaah juga akan diusahakan untuk terintegrasi dan berjalan lancar.

Puncak haji nanti memang merupakan fase yang berat. Nantinya ada sekitar 52 maktab untuk jamaah haji Indonesia selama di Arafah. Maktab tersebut memiliki luas 1,5 hektar sehingga total luas maktab jamaah haji Indonesia saja mencapai lebih dari 100 hektar.

Setiap maktab nantinya akan diisi sekitar 3.000 jamaah haji. Sehingga pihak petugas menyiapkan sejumlah keperluan untuk mengakomodasi ribuan jamaah tersebut dengan sebaik-baiknya. Mulai dari prosedur pemasangan tenda, persiapan kamar mandi, persiapan agar AC bisa berfungsi normal, karpet yang digunakan dan segala detail yang penting untuk membuat para jamaah nyaman selama beribadah haji. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *