Presiden SBY Berencana Serahkan Perppu ke DPR Hari Ini

Presiden SBY Berencana Serahkan Perppu ke DPR Hari Ini

BojonegoroToday – Jakarta – Proses penyusunan rancangan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) Pilkada masih diupayakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mengembalikan proses pemilihan kepala daerah langsung oleh rakyat dengan sejumlah perbaikan.

Presiden SBY mengatakan di JCC, Kamis (2/9) dini hari bahwa draft Perppu sudah selesai dan akan segera dicek esok harinya untuk memastikan semua hal benar dan tepat.

Pembahasan Perppu tersebut digarap oleh Presiden SBY dan para menteri dalam rapat tertutup pada Rabu malam (1/10) hingga Kamis (2/10) dini hari.

Presiden berencana untuk segera mengirimkan Perppu pada sore atau malam hari ke DPR. Ia mengharapkan bahwa Perppu tersebut bisa menyelesaikan permasalahan dan carut-marut terkait protes pilkada tak langsung. Sekaligus mampu mengakomodasi harapan untuk penerapan pilkada langsung namun disertai dengan sejumlah perbaikan.
Sebelumnya Presiden SBY sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat telah menggelar rapat konsolidasi Partai Demokrat pada Selasa sore (30/9) dan menyatakan akan segera mengeluarkan Perppu Pilkada.
Keputusannya mengeluarkan perppu adalah risiko politik yang harus ditempuh karena keinginan Partai Demokrat untuk opsi Pilkada langsung dengan 10 syarat perbaikan dalam Rapat Paripurna DPR pekan lalu tidak diakomodasi.

Dalam Rapat Paripurna tersebut Partai Demokrat melakukan aksi walkout sehingga pengambilan voting menghasilkan suara terbanyak untuk pilkada tak langsung yang mayoritas didukung oleh Fraksi-Fraksi yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih. Sehingga Rapat Paripurna DPR mengesahkan UU Pilkada yang di dalamnya mengatur tentang proses pemilihan kepala daerah untuk dilakukan secara tidak langsung atau diserahkan kepada DPRD.

Kendati mengeluarkan Perppu, namun kewenangan ada di tangan DPR. DPR berhak untuk memberikan keputusan untuk menerima atau menolak Perppu tersebut. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *