Proyek Trem Surabaya Pakai Lahan PT KAI

Proyek Trem Surabaya

BojonegoroToday – Proyek trem yang rencananya akan dibangun di Surabaya bisa dipastikan memakai lahan milik PT KAI. Keseluruhan pembiayaan juga disanggupi oleh PT KAI.

Rel trem akan dibangun di tengah Jalan Darmo, demikian juga akan dibangun di jalan protokol lain di Surabaya. Walikota Risma menegaskan bahwa lahan yang akan dipakai monorail trem tidak akan memakai lahan hijau.

“Kan badan jalan. Bukan jalur hijau. Nanti-nanti tak gambarno, engko tak gambarno,” kata Risma. 

Saat ini pihak pemkot Surabaya sedang mempelajari tentang kesepakatan pembiayaan penuh proyek trem dengan PT KAI. Sebenarnya proyek ini sudah termasuk dalam program Transportasi Cepat Masal yang dibiayai APBN. Namun beberapa hari yang lalu PT KAI menyatakan kesediaannya membiayai penuh proyek ini.

Proyek yang diperkirakan memakan anggaran hingga Rp  2 triliun ini adalah proyek jangka panjang, Risma menyebutnya sebagai proyek multiyears.

“Ya multiyears. Tidak mungkin multiyears dan itu 2 tahun, kemarin KAI perkiraan 1,5 tahun untuk pesen kereta apinya paling cepat,” lanjut Risma.

Proyek pembangunan trem di Surabaya ini mendapat sambutan positif dari pebisnis real estate. Menurut mereka, segala perubahan kearah kemajuan akan meningkatkan nilai properti 20-30 persen. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *