PT. KAI Sarankan Penumpang Beli Tiket Secara Online

PT. KAI Sarankan Penumpang Beli Tiket Secara Online

Foto: Republika

BojonegoroToday – Pihak PT. Kereta Api Indonesia (KAI) berusaha menanamkan edukasi kepada masyarakat untuk membeli tiket perjalanan kereta via online.

Proses secara onlline sudah lama disediakan oleh KAI, namun masyarakat masih menggunakan cara lama. Mereka banyak yang datang ke stasiun untuk beli tiket secara langsung.

Disampaikan oleh pihak KAI Divisi regional Sumatra Utara – Aceh, Jaka Jakarsih, hingga kini kurang lebih terdapat 30 hingga 40 % penumpang Kereta yang yang belum melakukan pembelian dengan fasilitas layanan digital.

Pihak manajemen KAI nantinya akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat membeli tiket secara online, demikian papar Jaka pada hari Rabu kemarin (27/8) di Medan.

Rencana penjualan tiket lewat layanan online seharusnya telah diterapkan 100 % mulai tanggal 15 Agustus. Tujuannya agar calon penumpang dapat menyesuaikan jadwal sesuai keperluan dengan lebih efisien dan mudah.

Jaka berharap bahwa program agar masyarakat bisa membeli via online bisa segera diimplementasikan di wilayah Sumatra Utara. Ia optimis karena saat ini hanya tinggal sekitar 30-40 % yang masih memakai cara lama yakni datang ke stasiun langsung untuk membeli tiket.

Masyarakat sendiri tidak perlu harus memiliki sambungan internet untuk mendapatkan tiket online. Karena pihak manajemen telah menyebarluaskan jaringan penjualan tiket online dengan pihak luar seperti ATM maupun waralaba-waralaba yang menyediakan jasa tersebut.

Kemudahan dalam membeli tiket secara online juga disetujui oleh Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumatra Utara, Abubakar Siddik.

Menurutnya membeli secara online memiliki manfaat yang lebih banyak di antaranya tidak perlu antri serta lebih aman karena tidak perlu membayar dengan uang kontan.

Ia juga menyatakan bahwa saat ini kinerja layanan manajemen KAI sudah semakin baik. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *