Ramai Isu Pulau Kiluan Dijual, Masyarakat Geram

Ramai Isu Pulau Kiluan Dijual, Masyarakat Geram

Foto: Warawiriwisata

BojonegoroToday – Keindahan Pulau Kiluan memang menjadi magnet bagi wisatawan. Namun adanya berita bahwa Pulau cantik di Kabupaten Tanggamus, Lampung itu termasuk dalam pulau-pulau yang dijual di sebuah situs luar negeri berhasil membuat masyarakat Indonesia geram.

Menurut Officer Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI), Basuki Rahmad, pada hari Kamis (28/8), biasanya yang akan membeli atau menyewa adalah pihak asing, dan mereka sangat paham tentang potensi pulau-pulau kita.

Basuki beranggapan bahwa kecenderungan penjualan atau penyewaan pulau kepada pihak orang luar negeri adalah karena kurang maksimalnya pemanfaatan pulau-pulau kecil tersebut. Selain itu faktor minimnya investor dalam negeri yang membangun pulau tersebut juga berpengaruh.

Basuki juga berharap bahwa pemanfaatan pulau-pulau kecil sebagai tempat wisata harusnya dapat menjadi daya saing bangsa dan menjadi nilai tawar Indonesia di mata dunia.  Pengelolaan pulau-pulau kecil tersebut juga perlu dilakukan karena nantinya akan berpotensi meningkatkan kesejahteraan dan  memberdayakan masyarakat sekitarnya, ungkapnya sebagaimana dilansir dari Merdeka.

Memang berita penjualan ini masih simpang siur dan ramai dibicarakan oleh publik. Namun demikian dengan adanya pemberitaan yang marak ini, diharapkan publik dan pemerintah bisa sadar untuk selalu menjaga kekayaan alam dan pulau-pulau yang menjadi milik Indonesia.

Pulau Kiluan terdaftar dalam situs www.privateislandsonline.com sebagai pulau yang dijual. Pulau Kiluan dibandrol hingga Rp. 3,5 Miliar. Situs ini bukan hanya menampilkan pulau Kiluan saja. Sebelumnya pada tahun 2009, situs ini juga menampilkan tiga pulau di daerah Mentawai yakni Pulau Makaroni (14 hektar yang senilai US$ 4 juta), Pulau Siloinak (24 hektar dengan harga US$ 1,6 juta) dan Pulau Kandui (luas 26 hektar yang dihargai US$ 8 juta) untuk dijual ke pihak asing. Hingga kini belum diketahui siapa pengelola situs tersebut. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *