Sasando, Alat Musik Cantik dengan Bunyi Indah

Alat musik petik yang populer tentu saja adalah gitar. Banyak orang yang suka memaikan gitar karena sangat mudah dipelajari dan gitar sendiri sangat mudah dibawa kemana saja. Gitar juga bisa dimainkan oleh anak-anak sampai dewasa. Gitar banyak ragamnya mulai dari gitara akustik hingga elektrik.Tapi tahukah anda bahwa ada instrument musik yang juga dipetik namun mempunyai desain yang berbeda dengan gitar? Mungkin beberapa dari kita sudah sering mendengar tentang Sasando. Ini adalah instrument dawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Anda yang belum mengetahui tentang alat ini bisa mencari tahunya di sini.

Apa itu Sasando?
Seperti yang telah ditulis di atas, Sasando ini adalah alat musik petik yang bisa menghasilkan bunyi yang sangat indah. Alat ini sendiri berasal dari pulau paling selatan di Indonesia yaitu pulau Rote di Nusa Tenggara Timur. Sasando ini sendiri berasal dari bahasai Rote yang artinya bergetar atau menghasilkan bunyi. Alat ini sendiri hampir mirip dengan harpa, kecapi, biola dan juga gitar. Bagi anda yang ingin mahir memainkan alat ini, anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian dari instrument musik ini.

Bagian dari Sasando
Instrumen musik Sasando ini sendiri diuat dari tabung panjang yang bisa dibuat dari bambu. Di bagian tengahnya diberi ganjalan-ganjalan senar-senar yang direntangkan di bagian tabung. Tentu saja ganjalan-ganjalan tersebut bisa menghasilkan nada yang berbeda-beda. Tidak semua orang bisa memainkan Sasando dan menghasilkan nada yang indah. Oleh sebab itu banyak sekali orang yang rela belajar alat ini sendiri sampai ke pulau Rote. Sasando ini kini tidak hanya menjadi daya tarik bagi masyarakat di pulau Rote namun di Nusa Tenggara Timur secara keseluruhan. Indonesia tentu saja tidak kalah dengan Negara lainnya. Selain Sasando masih banyak instrument musik tradisional yang bisa kita temukan di Indonesia. Kita patut bangga dengan keragaman budaya dan juga instrument musik yang ada di Negara kita. Anda bisa mulai mempelajari bagaimana cara memainkan alat musik ini sebagai bentuk kecintaan terhadap kekayaan yang ada di Indonesia.

You may also like...