Status Gunung Slamet Naik, Warga Dihimbau Tenang

gunung slamet meletus

BojonegoroToday – Status Gunung Slamet di Jawa Tengah naik menjadi level siaga setelah hasil pemantauan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menunjukkan adanya peningkatan aktivitas seperti letusan dan semburan lava pijar, pada hari Kamis (11/9/2014) dari pukul 12.00 hingga pukul 18.00.

Setidaknya gunung tersebut telah meletus 38 kali dengan tinggi hingga 1500 meter dan mengeluarkan hujan abu tebal. Selain hujan Gunung Slamet juga meluncurkan lava pijar hingga radius 1300 meter. Letusan dan dentuman keras tersebut terjadi setidaknya setiap 15 menit.

Karena aktivitas yang lebih banyak ini, pihak BNPB menghimbau masyarakat di sekitar lokasi Gunung Slamet untuk waspada dan tidak memasuki area sekitar puncak gunung dalam radius 4 km.

Meskipun terlihat lebih aktif dari hari sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa masyarakat sebaiknya tetap tenang. Pengungsian warga Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang pun belum perlu dilakukan.

Namun demikian pihaknya selalu menghimbau kepada masyarakat agar mereka tetap siap siaga. Aparat desa dan pihak kecamatan pun diminta untuk selalu melakukan koordinasi dengan BPBD setempat. Mereka disarankan untuk mengawasi perkembangan kondisi Gunung Slamet sesuai pengamatan stasiun gunung api tersebut. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *