Tahapan Redenominasi yang Akan Dilakukan Indonesia

Tahapan Redenominasi yang Akan Dilakukan Indonesia

BojonegoroToday – Redenominasi menjadi kebijakan yang diambil karena nilai tukar mata uang Rupiah terlalu lemah dan juga berbanding terbalik dengan kondisi riil ekonomi di negara ini.

Wacana tentang redenominasi ini masih menimbulkan ketakutan publik karena kekhawatiran pemotongan digit juga akan berimbas pada pemotongan nilai mata uang itu sendiri, istilah untuk hal ini adalah sanering, yang juga pernah dilakukan lima dekade yang lalu .

Masyarakat masih belum bisa sepenuhnya mempercayai bahwa redenominasi ini beda dengan sanering. Redenominasi hanya menghilangkan angka saja di 3 digit di belakang. Namun nilai mata uang tetap sama.

Untuk itulah proses yang nantinya akan dilakukan pemerintah untuk rencana redenominasi ini berjalan berdasarkan berbagai fase atau tahapan.

Tahap I: Masa persiapan (waktu: 2013-2015)

Tahun ini termasuk bagian dari proses persiapan, terlihat dari proses penggodokan draf RUU Redenominasi, rencana terkait cetakan uang dan pendistribusian mata uang.

Kegiatan lain terkait pada masa persiapan ini juga meliputi implementasi penyesuaian infrastruktur dan teknologi informasi untuk sistem pembayaran dan akuntansi, serta pelaksanaan konsultasi publik.

Tahap II: Masa Transisi (waktu: 2016-2018)

Bank Indonesia (BI) akan menyebarkan mata uang pecahan baru ke publik dan menarik mata uang pecahan lama secara berangsur-angsur.

Mata uang Rp. 50.000 diedarkan bersama dengan dengan uang baru Rp 50. Masa transisi ini untuk membuktikan pada publik bahwa mata uang baru yang nominalnya tertulis Rp. 50 memiliki nilai sama dengan uang lama Rp. 50.000. Masa transisi ini akan dilakukan bertahap hingga sedikit demi sedikit uang lama ditarik dari peredaran saat masyarakat mulai percaya.

Tahap III:  Pelaksanaan Penuh (waktu: 2018-2022)

Masyarakatsudah menerima keberadaan mata uang redenominasi dengan nilai angka yang sudah dikurangi. Masyarakat sudah terbiasa bertransaksi dengan mata uang baru tanpa merasa bingung atau khawatir. Uang lama sepenuhnya sudah ditarik dan tidak lagi beredar.(es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *