Tes CPNS Surabaya, Sediakan Layar Di Luar Ruang untuk Pantau Peserta

Tes CPNS Surabaya, Sediakan Layar Di Luar Ruang untuk Pantau Peserta

Kepala BKD Pemkot Surabaya Menunjukkan Layar di Luar Ruang Tes CPNS

Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan melaksanakan tes kompetensi dasar (TKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) bagi 5.267 pelamar di aula SMKN 5 Surabaya mulai pada tanggal 6-11 Oktober 2014. Tes tersebut adalah tahap yang sangat penting untuk setelah berhasil lolos tahapan pendaftaran dan verifikasi tahun 2014.

Dilansir dari menpan.go.id, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Surabaya, Mia Santi Dewi menuturkan, jumlah pelamar CPNS yang mendaftar via website panselnas untuk Pemkot Surabaya awalnya berjumlah  9.301 orang. Dari jumlah tersebut, 6.247 berkas diterima BKD dengan rincian 980 di antaranya dinyatakan tidak lulus administrasi.

Menurut Mia, kegagalan 980 orang tersebut kebanyakan karena persoalan ijazah atau disiplin ilmu tidak sesuai dengan posisi yang dilamar. Sehingga hanya 5.267 pelamar yang bisa melalui tahapan tes CPNS sesuai dengan hasil sinkronisasi data dari panselnas.

Untuk TKD ini, Pemkot Surabaya menyediakan sebanyak 220 unit komputer. Sekitar 200 komputer akan digunakan untuk tes dan 20 sisanya digunakan sebagai cadangan.

Pelaksanaan tes setiap hari akan diikuti oleh 1.000 orang, dengan dibagi menjadi lima sesi. Setiap sesi diikuti 200 peserta TKD.

Pansel CPNS Pemkot Surabaya sendiri mempersiapkan CCTV di tujuh titik untuk mengawasi jalannya TKD agar proses berjalan aman dan transparan. CCTV dipasang di ruang tes maupun ruang registrasi. Pemasangan alat ini diharapkan akan dapat mengawasi setiap gerak-gerik peserta tes. Bahkan terdapat layar yang ada di luar kelas untuk memantau peserta yang ada di dalam ruangan sehingga para pengantar bisa melhat suasana di dalam kelas tanpa mengganggu peserta.

Materi yang diujikan dalam TKD ini nantinya akan menguji kemampuan peserta mulai dari wawasan kebangsaan, intelegensi/ pengetahuan umum dan karakteristik pribadi.

Setiap peserta harus mengerjakan semua soal dengan metode CAT (computer assisted test). Semua jawaban tertera di komputer dan diisi langsung di komputer, sehingga mereka tidak perlu membawa alat tulis.

Kelebihan metode CAT untuk tes CPNS kali ini akan membuat efisiensi yakni hasil tes bisa terhubung secara langsung dengan server secara realtime . Peserta juga bisa mengetahui nilainya secara langsung. Karena setiap selesai sesi, hasil tes akan dipampang di layar di luar tempat ruangan tes.

Mia juga menyatakan bahwa seluruh rangkaian seleksi CPNS ini gratis dan tidak dipungut biaya.  Selain itu pelaksanaannya juga bebas KKN dan mengedepankan transparansi. Ia mewanti-wanti bagi peserta yang terbukti melakukan kecurangan dipastikan akan langsung tidak lolos. (es)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *