Warga Sekitar Lereng Belum Sepenuhnya Sadar Bencana

Warga Sekitar Lereng Belum Sepenuhnya Sadar Bencana

BojonegoroToday – Upaya penanganan terkait mitigasi bencana meletusnya Gunung Slamet harus disosialisasikan seluas mungkin kepada masyarakat sekitar lereng gunung. Pasalnya hingga kini masyarakat sekitar lereng ternyata tidak semua memahami bagaimana menghadapi bencana.

Menurut penjelasan Tim SAR Desa Kutabawa, Kecamatan Karangrejo, Kab. Purbalingga, pemahaman ancaman bahaya dari meletusnya Gunung Slamet ini tidak merata di kalangan masyarakat. Apalagi warga Desa Kutabawa sendiri belum pernah mengalami situasi seperti ini.

Akibatnya, warga malah naik mendekati area yang harus diwaspadai yakni area puncak Sakub di daerah perkebunan teh Kaligua Paguyangan yang berjarak sekitar 5 Km dari puncak gunung karena penasaran melihat erupsi Gunung Slamet.

Gunung Slamet melontarkan berbagai material, asap hitam, dan lava pijar sehingga sebagian warga ingin melihatnya dari dekat.

Akibat bahaya yang mungkin timbul jika erupsi Gunung Slamet semakin besar, maka pihak PT Perkebunan Nusantara IX Kaligua menutup jalur area yang menuju ke puncak gunung sejak Kamis (11/9/2014) pukul. 22.00 WIB. (es/kompas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *