XL Bantu Produktivitas Petani di Jogja dan Jateng dengan Teknologi Informasi

XL Bantu Produktivitas Petani di Jogja dan Jateng dengan Teknologi Informasi

BojonegoroToday -PT XL Axiata Tbk saat ini sedang mencoba memperluas layanannya untuk membantu peningkatan hasil produksi pertanian kepada sekitar 6000 petani.Upaya yang dilakukan XL adalah dengan memberikan layanan SMS dan website khusus untuk membantu komunikasi terkait pertanian antara penyuluh dan petani.

Dilansir dari Merdeka, Selasa (2/9/2014), pihak XL akan menggandeng Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan PT 8Villages Indonesia. PT 8Villages adalah perusahaan penyedia layanan portal internet yang berfokus untuk meningkatkan hasil pertanian para petani, demikian dijelaskan oleh Deniawan Rachmatialevi selaku pihak Sales & Marketing Manager Digital Services XL.

Program kerja sama antara XL dan Rumah Pintar Petani (RPP) dilakukan dan diresmikan dengan penandatanganan nota kesepakatan di Fakultas Pertanian UGM Yogyakarta.

Head Of M-Advertising XL Herwinto C .Sutantyo, menyatakan bahwa upayanya meningkatkan hasil produksi kalangan petani diwujudkan dengan target lokasi kawasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Alasannya wilayah tersebut merupakan salah satu daerah sentra pertanian di Indonesia dan juga memiliki peran krusial dalam program ketahanan pangan. Hal ini menjadi salah satu alasan XL mendukung program Rumah Pintar Petani.

Ia pun menyatakan bahwa program tersebut juga merupakan bentuk implementasinya dalam penerapan teknologi informasi. Diharapkan program ini bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kinerja masyarakat serta mampu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani secara nyata.

Sekitar 6.000 petani ditargetkan menjadi anggota program ini yang akan dibantu untuk memperoleh kemudahan dan fasilitas dari sisi penyediaan infrastruktur teknologi informasi.

Model pelaksanan penyuluhan dan pembinaan dilakukan Fakultas Pertanian dan 8villages Indonesia dengan LAKU (Latihan dan Kunjungan) dan PIKAT (Pendampingan Melekat) melalui pemanfaatan teknologi informasi berbasis web dan SMS yang selanjutnya disebut LAKU PIKAT.

Para petani yang menjadi binaan program ini bisa menggunakan sms dengan format IKUTI (spasi) RPP (spasi) lalu kirim ke 2000. Petani nantinya secara otomatis dan gratis akan langsung terdaftar dalam program Rumah Pintar Petani (RPP).

Keuntungannya para petani dapat berinteraksi  dengan para penyuluh kapan saja dengan menggunakan SMS dan website. Program ini didukung dengan adanya lebih dari 6.000 BTS berjaringan 2G dan 3G guna melayani lebih dari 10 juta pelanggan di area DI Yogyakarta dan Jawa tengah. (es)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *