5 Tips Mengapa Outsource Data Center Diperlukan untuk Perusahaan

Penelitian terakhir dari Gartner menemukan bahwa 42% perusahaan dengan seribu karyawan atau kurang, melakukan outsource baik keseluruhan atau sebagian untuk kebutuhan data center mereka, dimana 28% lainnya berencana melakukannya juga dalam 12 bulan mendatang.

datacenter Indonesia

Menurut direktur riset di Gartner Inc, Kurt Potter, ada dua alasan yang dipertimbangkan kenapa meng-outsource-kan data center; pertama, kamu tidak punya kemampuan atau pendanaan yang cukup untuk menutup biaya ini, kedua, biaya operasional IT sudah terlalu memakan anggaran.

Lebih jauh lagi, survei terkait outsource data center yang dilakukan oleh Enterprise System dan Sourcingmag.com menemukan bahwa alasan mengapa perusahaan meng-outsource-kan data center sangatlah kompleks. Berikut adalah 7 alasan tertinggi mengapa perusahaan memilih outsource untuk kebutuhan data centernya:

Mengurangi atau Mengatur Pengeluaran.

Alasan utama (44% responden) yang dilakukan mungkin bukan sesuatu yang mengejutkan lagi, optimalisasi biaya. Colocation dan managed hosting adalah solusi termurah yang bisa memangkas pengeluaran untuk kebutuhan data center pribadi.

Memperoleh Akses Sumber IT Eksternal.

Alasan terbanyak kedua adalah kesempatan untuk meluaskan jaringan kerja, disaat proses dan peralatan tidak memungkinkan tersedia secara internal. Perusahaan dapat memperoleh akses staf yang sangat berpengalaman di bidang data center tanpa perlu mempekerjakan mereka secara full-time untuk mengerjakan pengaturan networking, keamanan, pendingin, power, dan layanan data center lainnya.

Mengefisiensikan Sumber Internal.

Tiga dari sepuluh responden mengatakan bahwa outsource data center sangat berimbas pada efisiensi internal perusahaan. Dengan berkurangnya pekerjaan server harian, tim IT internal bisa fokus untuk mengerjakan aplikasi utama dan memasrahkan urusan server kepada tim IT pada data center.

Meningkatkan Fokus Kepada Pelanggan.

Tiga dari sepuluh responden lainnya mengatakan bahwa outsource data center membantu meningkatkan fokus bisnis. Sangat sulit untuk mempunyai tim IT internal yang sekaligus mengurusi server. Dengan kebutuhan maintenance yang selalu ada, ini bisa berdampak pada respon dan kecepatan kerja tim IT. Outsource data center melepaskan tim IT internal dari tanggung jawab ini sehingga mereka bisa fokus memenuhi kebutuhan pelanggan.

Mempercepat Transformasi Perusahaan

Ini adalah salah satu alasan mengapa data center layak di outsource-kan. Mendelegasikan pekerjaan dengan fungsi tidak kritis dapat membantu perusahaan untuk fokus terhadap sisi utama selama proses transformasi berjalan.

Akhir kata, dengan demikian banyak permbicaraan tentang masalah ini, kamu akan terkejut bahwa sebanyak 80% perusahaan yang disurvei ternyata meng-outsource-kan pekerjaan data center mereka kepada penyedia lokal, dalam hal ini Indonesia data center. Sebagian besar perusahaan memilih penyedia data center lokal dengan zona waktu yang sama dan lokasi yang dekat dengan bisnis utama mereka.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *