Apple: Akun Artis Kebobolan, Bukan Celah Sistem iCloud

jessica lawrence icloud hacked

BojonegoroToday – Apple merilis pernyataan pada (2/9/14) tentang layanan iCloud-nya setelah melakukan investigasi selama 40 jam, bahwa kasus akun selebritis yang kena hack bukan karena lemahnya sistem iCloud.

Serangan hacker yang terjadi menargetkan username, password, dan pertanyaan keamanan, yang kemudian memungkinkan sebuah akun untuk dibobol.

“Semua kasus yang telah kami periksa tidak menemukan pembobolan pada sistem Apple termasuk iCloud dan Find My Iphone.” demikian pernyataan Apple.

Apple merekomendasikan verifikasi 2 langkah untuk mencegah pembobolan akun ini. Namun isu keamanan dan protokol seringkali diabaikan oleh masyarakat. Mereka menganggap bahwa enkripsi tidak menghalangi mereka dari hacker, berdasarkan studi yang dilakukan oleh YouGov. Orang yang skeptis terhadap enkripsi keamanan tidak memakai protokol keamanan apapun kecuali hanya password yang simpel.

Menurut Keith Stewart, Vice President bagian keamanan cyber dari vArmour ketika berkomentar tentang keamanan cloud computing, “Orang jahat tidak memburu database, mereka tahu kalau kamu memasang tembok di sekelilingnya. Mereka memburu semua benda yang berada di dekat database. Karena mereka akan mencari benda yang kamu tidak ingin mereka menemukannya.” Stewart menyebutnya sebagai, “menyerang mengitari aset”, demikian yang dilansir VentureBeat.

Oleh sebab itu, tidak hanya database yang perlu diamankan, tapi juga periferal yang berhubungan langsung dengan database juga perlu mendapat perhatian serius.

Beberapa waktu yang lalu seorang hacker berhasil menembus akun Jessica Lawrence di iCloud dan mengunduh foto-foto tanpa busananya, lalu menyebarkannya di situs 4chan. (rey)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *