Google Akan Luncurkan Smartphone Murah di Indonesia

android one google

Gambar: googleblog.blogspot.com

BojonegoroToday – Google secara resmi meluncurkan smartphone murah pada (15/9/2014) di India, yang diberi nama Android One. Smartphone ini ditargetkan akan menyasar 5 juta pengguna di negara berkembang.

Kedepannya, Android One akan dipasarkan di negara-negara Asia Tenggara diantaranya Indonesia dan Filipina pada akhir tahun ini. Ide Google membuat smartphone canggih namun murah ini karena ada sekitar 5 juta orang yang tidak memiliki smartphone, tentu saja ini akan menjadi pasar yang bagus bagi Google.

Pada debut pertama Android One di India, smartphone ini dibanderol seharga $105 (sekitar 1 juta rupiah), dengan 3 jenis model. Gadget Android yang murah telah membantu dominasi pasar smartphone (sekitar 85% menurut penelitian dari IDC.com).

Google mengatakan bahwa mereka bekerjasama dengan pembuat komponen dan hp untuk berbagai referensi desain hardware, demi membuat smartphone canggih tapi murah. Seperti pendahulunya Nexus, pengguna Android One akan mendapatkan update langsung dari Google. Fitur lainnya seperti; dual SIM, FM radio, ruang penyimpanan tambahan, dan baterai yang bisa dilepas.

Spesifikasi Android One diantaranya; prosesor 4,5 inci, quad core prosesor, memori 1 GB RAM, dan kamera 5 megapixel. Partner terbaru untuk Android One adalah Acer, Asus, HTC, Lenovo, dan Qualcomm.

“Dengan Android One, kami tidak hanya membantu orang-orang untuk online. Kami ingin menjamin bahwa ketika mereka telah online, mereka bisa menyusuri kekayaan informasi dan ilmu pengetahuan di dunia maya untuk semua orang.” tutur Sundar Pichai, Vice President untuk Android dan Chrome di sebuah blog. (rey)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *