Google Berhenti Menampilkan Profil Author di Halaman Pencarian

google berhenti tampilkan profil author

BojonegoroToday – Google memutuskan untuk berhenti menampilkan profil author untuk konten berita di hasil pencarian, yang mana fitur ini dirilis sejak Google merilis G+.

Pemberhentian menampilkan profil author ini telah diumumkan oleh John Mueller pada Kamis (28/08) kemarin melalui akun G+ nya. Tujuan diberhentikannya fitur ini adalah agar para pencari di Google tidak teralihkan dan terbingungkan karena munculnya profil author, dan juga informasi author ternyata tidak terlalu penting bagi pengunjung.

Menurut Mueller, ada atau tidaknya profil author di halaman pencarian bukanlah faktor untuk meningkatkan kunjungan ke artikel, dan begitupula apabila fitur profil author ini dicabut dari halaman pencarian harusnya tidak berimbas dari penurunan kunjungan.

Google awal kali meluncurkan profil author sebagai salah satu fitur andalan G+. Menurut sebagian pihak, profil author ini bermanfaat untuk seseorang yang ingin secara khusus mengikuti postingan orang tertentu.

Fitur tersebut memungkinkan para blogger dan “jurnalis” untuk ramai-ramai menggunakannya, namun sayangnya kerap dijumpai penyalahgunaan author profil ini.

Google merilis G+ untuk menyaingi Facebook yang penggunanya kian melejit. Sebelumnya Google pernah merilis social networking sendiri bernama “Orkut”, namun keberadaannya kurang diminati oleh khalayak. (rey)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *