Google Ciptakan Drone Terbang untuk Saingi Amazon

Google Ciptakan Drone Terbang untuk Saingi Amazon

Foto: Adweek

BojonegoroToday – Perusahaan raksasa Google Inc. di San Fransisco sedang mengembangkan drone udara yang bisa terbang sendiri dan mampu mengirim berbagai jenis barang.

Dilansir dari Reuters, Kamis (28/8/2014), pengembangan proyek yang dinamai Project Wing itu menandai ekspansi perusahaan terbaru Google yang tidak berhubungan dengan dunia web.

Proyek ini mencoba menyaingi Amazon.com Inc. yang juga merambah marketnya ke basis pengiriman barang dan perdagangan.

Versi awal dari pesawat tak berawak yang dipamerkan Google dalam sebuah rilis video di situsnya, memiliki lebar sayap 1,5 meter dan mampu terbang sesuai rute yang sudah diprogram.

Pesawat ini memiliki lebih banyak kesamaan dengan mobil tanpa awak Google daripada pesawat remote control yang diterbangkan di taman di akhir pekan, demikian kata Google dalam situsnya. Sebelumnya Google memang telah meluncurkan tes mengemudi di jalan raya untuk mobil tanpa awak yang hanya dikendarai dengan menggunakan sensor dan radar .

Drone buatan Google dalam video dilengkapi dengan rotor yang memungkinkan untuk lepas landas dan mendarat vertikal, serta sayap seperti pesawat. Kemampuan Drone untuk terbang sekitar 40 meter di atas pepohonan. Drone tersebut lalu menjatuhkan paket cokelat untuk petani di Queensland, Australia.

Juru bicara Google yakni Ray Gobberg mengungkapkan bahwa masih terlalu dini untuk membicarakan rencana bisnis yang spesifik terkait drone, tetapi Google telah merilis di situsnya bahwa kendaraan ini bisa menawarkan layanan untuk mengirim barang dengan keuntungan lebih seperti biaya yang lebih murah, lebih cepat dan tidak terlalu boros.

Amazon.com Inc sebagai saingan Google sendiri mengumumkan rencana tahun lalu untuk menggunakan drone pengiriman udara untuk sebuah layanan yang disebut Prime Air.

Seorang analis B. Riley & Co, Sameet Sinha menyatakan Google telah tertarik di bidang e-commerce, dan mencoba untuk menyaingi Amazon.(rey)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *