GT Advanced Terancam Bangkrut, Apple Suntik Dana

Ilustrasi: kaca safir untuk smartphone

Ilustrasi: kaca safir untuk smartphone

BojonegoroToday – GT Advanced dan Apple sudah menjalin kesepakatan kerjasama sejak November 2013 untuk pembuatan perangkat kaca safir yang akan dipakai di iWatch dan iPhone. Namun kondisi finansial yang terus memburuk membuat GT Advanced melayangkan surat pailit kepada pemerintah setempat.

Melihat rekanan bisnisnya yang terancam bangkrut sebelum menunaikan kerjasama dengan Apple, segera Apple mengucurkan dana $139 juta untuk mengangkat finansial GT Advanced.

Kontrak Apple dengan GT Advanced adalah pembuatan kaca safir dengan nilai proyek sebesar $578 juta yang dibayarkan dalam empat tahap. Apple sendiri telah melunasi 3 dari 4 kali cicilan sesuai kesepakatan.

GT Advanced sebelumnya diperkirakan menjadi produsen konstruksi material safir terbesar di dunia dengan pabrik yang berpusat di Mesa, Arizona. Memburuknya kondisi finansial menjadi hambatan besar dan membuat GT Advanced terancam gulung tikar. Saat ini saldo kas perusahaan hanya $85 juta.

Kaca safir selain akan digunakan pada produk iWatch dan iPhone, juga akan dipakai pada Touch ID serta pelindung kamera, dan akan digunakan di produk Apple lainnya di masa mendatang. (rey)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *