Hacker Mampu Meretas Gmail dan Akun Bank Via OS Mobile Phone

Hacker Mampu Meretas Gmail dan Akun Bank Via OS Mobile Phone

BojonegoroToday – Uji Coba peretasan untuk menunjukkan adanya kelemahan pada beberapa OS mobile seperti iOS, Windows, dan Android dilakukan oleh tim peneliti dari University of California Riverside Bourns College of Engineering dan University of Michigan.

Hasilnya di luar dugaan. Ternyata OS mobile tidak seaman yang dibayangkan! Serangan hacking bisa saja membobol data informasi pengguna, termasuk aktivitas real-time yang sedang dilakukan.

Sebagaimana yang ditulis dalam Cnet, Jumat (22/8/2014), peneliti dari kedua universitas tersebut mendemonstrasikan teknik hacking, yang mana terjadi ketika pengguna sedang mendownload aplikasi yang sebenarnya kelihatan tidak berbahaya, contohnya wallpaper.

Aplikasi tersebut sengaja diisi kode berbahaya untuk menguji kelemahan dari security OS mobile phone tersebut.

Kode tersebut ternyata dapat ter-install pada perangkat mobile, dan para peneliti bisa menggunakannya untuk mengakses statistik memori dari proses dalam perangkat.

Hasilnya? Ternyata peneliti mampu memantau berbagai aktivitas yang dilakukan pengguna. Mulai dari login di akun Gmail, hingga data akun bank dari pengguna bersangkutan.

Demontrasi hacking yang dilakukan di Android ini, menurut tim dari kedua universitas, juga berlaku untuk Operating system mobile lainnya. Bahkan tingkat keberhasilan serangan hacking ini bisa mencapai 82 sampai 92 persen. (rey)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *