Hidupkan Kejayaan N250, Habibie Ingin Terbangkan R80 untuk Pertama Kali

pesawat R80

Gambar: Okezone

BojonegoroToday – Pesawat buatan dalam negeri yang dirancang oleh Bacharuddin Jusuf Habibie siap untuk lepas landas di tahun 2017 nanti. Pesawat Regional 80 atau R80 yang merupakan penyempurnaan pesawat N250 rencananya akan diterbangkan untuk pertama kali di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Habibie menyatakan baru-baru ini bahwa pesawat rancangannya itu sedang menunggu sertifikasi kelayakan. R 80 dirancang untuk bisa menampung penumpang sebanyak 80 orang.

“Insya Allah 2017-2018 akan first flight sambil menunggu sertifikasi kelayakan udara,” kata Habibie saat ditemui di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (10/9/2014) lalu.

Habibie mengungkapkan bahwa keinginan untuk menerbangkan pesawat ini untuk pertama kali muncul setelah ia mengetahui pemberitaan di media massa tentang pembangunan BIJB di Majalengka yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi Jabar.

Pesawat R80 diharapkan mampu menghidupkan kembali masa-masa kejayaan pesawat N250 pada tahun 1990-an. Hasil dari revolusi pesawat N250 ini sudah didesain dengan kemampuan teknologi yang lebih canggih dan bisa dikendalikan secara elektronik. Bahkan pesawat juga memiliki keunggulan dalam efisiensi bahan bakar hingga 30 persen.

Keunggulan lainnya, R80 memiliki teknologi terbaru yakni kemampuan baling-baling pada sayap yang didesain untuk bisa mendeteksi angin dingin dan angin panas dari mesin. Teknologi tersebut akan meningkatkan akselerasi pesawat sehingga bisa terbang dengan kecepatan tinggi.

Presiden Direktur PT Ilthabi Rekatama, Ilham Habibie sepakat dengan ayahnya bahwa pesawat penyempurnaan dari N250 itu akan jauh lebih canggih. Pesawat R80 nantinya akan diserahkan pada PT Dirgantara Indonesia (PT DI) untuk proses produksi sebagaimana pesawat-pesawat yang terdahulu. (rey)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *