Inggris Sulap Kotak Telepon Menjadi Solarbox

Inggris Sulap Kotak Telepon Menjadi Solarbox

Foto: www.androidheadlines.com

BojonegoroToday -London – Kotak telepon merah yang biasa menghiasi di sepanjang jalan Inggris kini sudah tidak terlalu banyak dipakai lagi. Mengatasi masalah tersebut dua orang mahasiswa di Inggris melakukan terobosan untuk membuat kotak telepon itu berfungsi kembali dengan wajah baru.

Kotak telepon akan diubah menjadi tempat untuk mengisi ulang baterai ponsel dengan adanya panel bertenaga surya.

KOtak telepon versi baru ini telah diresmikan di kawasan Tottenham Court pekan ini.

Para pengguna yang ingin menge-charge ponsel atau smartphone mereka tinggal masuk ke dalam bilik dan memilih colokan yang sesuai. Sambil menunggu ponsel diisi ulang baterainya, mereka bisa melihat iklan yang ditayangkan di layar dalam kotak telepon.

Dalam 10 menit, baterai bisa terisi sekitar 20 persen.

Kotak telepon didesain masih sama. Hanya mengubah warna kotak merah yag khas tersebut menjadi warna hijau. Selain itu dipasang juga di bagian atap dengan panel surya 86 cm.

Layar monitor iklan didesain dengan kokoh untuk mencegah anak-anak nakal melakukan kerusakan. Selain itu untuk keamanan, kotak pengisian baterai akan dikunci jika malam hari.

Proyek ini merupakan ide dua mahasiswa geografi yang banting stir menjadi mahasiswa bisnis, Harold Craston dan Kirsty Kenny. Keduanya kini belajar di London School of Economics (LSE).

Mereka adalah mahasiswa yang tertarik dalam menemukan cara-cara baru untuk menggunakan ruang publik.

“Aku tinggal di sebelah kotak telepon di tahun kedua saya di universitas dan berjalan melewati setiap hari. Aku berpikir, ‘Ada 8.000 ini tergeletak tak terpakai di London dan kami harus dapat menemukan gunanya bagi mereka,'” kata Craston.

Solarbox dapat mengisi hingga 100 telepon per hari. Sejak diluncurkan pertama kali, ada sekitar enam orang per jam menggunakannya untuk mengisi baterai.(rey)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *