Kontes Robot Terbang 2014 Diikuti 38 Tim

Salah satu kontestan pada KRTI 2014

Salah satu kontestan pada KRTI 2014 / Foto: detikcom

BojonegoroToday – Kontes Robot Terbang Indonesia 2014 yang bertema Search and Rescue kali ini diikuti oleh 38 tim yang terbagi dalam 3 kategori; pelajar SMA/SMK, mahasiswa, dan umum. Kontes ini diadakan di Lapangan Terbang Aeromodelling Detasemen TNI AU Raci, Pasuruan, Jawa Timur.

“26 Tim Kategori Perguruan Tinggi, 3 Tim Kategori SMA/SMK, 7 Tim Kategori Umum. Hari ini merupakan presentasi peserta dan running tes robot terbang yang juga masuk dalam penilaian,” kata Indra Adji Sulistijono, ketua KRTI 2014 kepada wartawan (10/10/2014).

Beberapa kriteria penilaian yang diperhatikan yakni mulai dari presentasi dan kinerja robot terbang seperti take-off, penyelesaian misi, dan landing. Durasi misi tidak lebih dari 30 menit.

Ini adalah kontes kedua KRTI setelah kontes sebelumnya dilaksanakan pada Novemver 2013 lalu. Pada kontes yang lalu masih melombakan robot terbang indoor, namun kali ini yang diperlombakan ada di outdoor, yang nantinya inovasi-inovasi ini bisa dimanfaatkan oleh Angkatan Udara AU Indonesia.

Pengelolaan kontes robot ini sudah berada pada tingkat nasional dibawah koordinasi Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional, serta instansi khusus yang ditunjuk. Tahun ini, PENS-ITS ditunjuk sebagai partner dalam penyelenggaraan KRTI 2014. (rey)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *