Microsoft Akan Akuisisi Minecraft

microsoft akuisisi minecraft

BojonegoroToday – Microsoft berencana akan mengakusisi salah satu game terbesar, Minecraft. Saat ini publisher game Minecraft, Mojang, sedang melakukan diskusi dengan pihak Microsoft tentang besaran biaya akuisisi yang akan disepakati.

Dikutip dari VentureBeat (10/9/2014), nilai akuisisi tersebut mencapai USD 2 milyar, isu yang beredar bahwa akuisisi ini akan berlangsung dalam minggu-minggu ini. Pihak VentureBeat masih mencoba mengklarifikasi kepada The Wall Street Journal tentang kebenaran isu ini.

Sejak dirilis tahun 2011, Minecraft telah terjual lebih dari 55 juta kopi untuk PC, smartphone, dan konsol game. Game ini sangat populer di Amerika, dan dimainkan oleh berbagai tingkat usia. Mungkin bila dibandingkan, Minecraft tidak kalah populernya dengan game Super Mario Bros.

Salah satu faktor besar Minecraft bisa begitu populer adalah game ini bisa dimainkan di banyak platform. Misalnya saja di iOS dan Android yang sudah ada sejak 2012, Playstation 3 dan 4, PS vita, Xbox 360, Xbox One, dan banyak lainnya.

Ketika dikonfirmasi, pihak developer Mojang dan Microsoft sama-sama bungkam. Pertanyaan yang mungkin terbersit adalah bagaimana nantinya nasib Minecraft apabila benar-benar diakuisi Microsoft, terutama keberadaannya di platform selain Microsoft? Kita tahu bahwa Microsoft kurang memberikan keleluasaan produk-produknya di platform lain.

Bagi Microsoft, akuisisi Minecraft diharapkan mampu menjadi senjata dalam persaingan konsol game terutama dengan Sony. Playstation 4 telah mengalahkan Xbox One setiap bulannya. Microsoft sudah berupaya melakukan promosi, memberi diskon, melakukan penyesuaian di sana sini, dan mengakuisisi Minecraft bisa merubah segalanya.

Minecraft adalah game bangun-membangun seperti Lego. Desain dan tampilan balok-kotak 3 dimensi. Game ini telah banyak dimainkan oleh berbagai usia dan kalangan. (rey)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *