Pengguna Facebook Rentan Serangan Phising

Pengguna Facebook Rentan Serangan Phising

Awas, Jangan sembarangan menerima permintaan teman dengan orang yang tidak dikenal. Foto: Thewire

BojonegoroToday –  Sebuah penelitian baru dari seorang pakar asal India menunjukkan hasil yang mengejutkan bahwa gaya hidup online bisa menjadi berbahaya. Kebiasaan online di Facebook dan berteman dengan orang asing tak dikenal apalagi tanpa diketahui dari mana akun tersebut terhubung dengan anda, bisa membuat data-data anda diakses untuk kejahatan siber (cyber crime). Salah satunya adalah phising yang bisa menyerang anda melalui akun-akun Facebook palsu yang beredar.

Peneliti tersebut adalah Arun Vishwanath yang merupakan seorang profesor di Departemen Komunikasi di University of Buffalo di New York. Ia mengungkapkan dalam makalahnya yakni Journal of Computer-Mediated Communication bahwa phising bisa menyerang karena mereka secara otomatis menanggapi permintaan tanpa mempertimbangkan siapa mereka atau siapa lagi yang terhubung dengan mereka.

Sebagaimana dilansir dari Ibnlive, (Selasa (16/9), Vishwanath menyatakan bahwa kejahatan yang bisa dilakukan terkait dengan kebiasaan para pengguna Facebook, mulai dari tingkat interaksi dengan platform media sosial tersebut, banyaknya jumlah hubungan pertemanan, serta ketidakmampuan individu untuk mengatur konsumsi media sosial mereka.

“Phising di media sosial merupakan salah satu serangan yang dipilih oleh penjahat siber dan sudah banyak terjadi kejahatan mulai dari menyerang rumah hingga cyber bullying, pemalsuan identitas individu secara ilegal dan organisasi, serta tindakan spionase,” kata Vishwanath.

Modus penipuan ini berusaha untuk mengelabui orang agar menerima permintaan teman lalu mengumpulkan informasi penting terkait diri pribadi dan keuangan mereka.

Phising didefinisikan tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit secara tidak sah dengan menyamar sebagai perusahaan yang legal. Kejahatan siber ini banyak memakan korban. (rey)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *