Peugeot, Mobil Hybrid yang Bisa Berjalan dengan Tenaga Udara

Peugeot, Mobil Hybrid yang Bisa Berjalan di Udara

Gizmag.com

BojonegoroToday – Selama ini citra kendaraan hybrid melekat pada produk Toyota Prius yang sudah sangat populer selama bertahun-tahun  sebagai upaya untuk hidup dengan lebih ramah lingkungan.

Namun saingan baru kendaraan hybrid datang dari Peugeot. Bahkan dengan formula yang sama sekali di luar pakem “hybrid” yang selama bertahun-tahun ini dikenal secara luas.

Definisi hybrid telah bertransformasi setelah Peugeot 208 Hybrid Air 2L Demonstrator hadir dengan formula baru. Kendaraan ini menggunakan sistem hybrid baru yang revolusioner, yang memungkinkan untuk berjalan dengan tenaga udara, dilansir dari MotorTrader, Minggu (21/9/2014).

Peugeot 208 dengan mesin 1,2-liter (82bhp), memang memiliki sistem kerja mirip Prius, yakni menggunakan dua sistem penggerak. Satu adalah mesin 1.2 liter biasa, yang lain, sebagai pengganti motor listrik yang digunakan oleh Toyota, adalah sistem udara terkompresi. Udara terkompresi dapat digunakan untuk membantu mesin bensin atau menggerakkan mobil secara total.

Sistem ini terdiri dari tangki udara terkompresi yang terletak di bawah boot, tangki tekanan rendah di dekat poros belakang yang bertindak sebagai ruang ekspansi dan sistem hidrolik yang terdiri dari motor dan pompa.

Saat berada dalam air-mode (mode menggunakan tenaga udara), mobil tidak mengkonsumsi bahan bakar, sehingga cocok untuk melaju dengan santai. Ketika diperlukan kecepatan yang tinggi maka mesin 1.2-liter bisa mengambil alih. Jika saling bekerja sama, sistem ini mampu menghemat konsumsi bahan bakar 50 km per liter.

Peugeot akan membawa angin segar bagi pendukung gaya hidup ramah lingkungan. Selain itu ini sesuai dengan rencana pemerintah Perancis untuk memperkenalkan mobil yang sangat hemat bahan bakar pada tahun 2020.(rey)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *