Putra Petir Ciptakan Becak Listrik

Putra Petir Ciptakan Becak Listrik

BojonegoroToday – Pemuda bernama Ricky Elson yang juga menjadi tim pembuat mobil listrik beberapa waktu lalu kembali membuat inovasi dengan membuat becak listrik.

Dilansir dari Kontan (Mei 2014), Ricky yang menciptakan becak listrik tersebut itu di Ciheras, Jawa Barat. Becak ini dibuat dengan tenaga listrik dengan teknologi yang ia kembangkan sendiri. Becak ini sudah dilaunching pada

Becak yang digerakkan dengan motor listrik ini mengkombinasikan tenaga dayung dengan tenaga listrik. Ia mengungkapkan bahwa terdapat bantuan bantuan tenaga dorong dari motor listrik yang diletakkan di bagian roda belakang.

Ricky bukanlah orang yang awam dengan hal ini. Karena pria ini bekerja NIDEC Coorporation, Kyoto, Minamiku-kuzetonoshiro cho388, Jepang, perusahaan baterai listrik yang berpusat di Kyoto, Jepang. Ia sudah mendesain teknologi sendiri sejak 2009 untuk membuat motor listrik yang kini diaplikasikan ke becak listrik buatannya. Bahkan ia sendiri juga sudah membuat sepeda listrik dengan prinsip yang sama yakni memakai tenaga dari motor listrik.

Untuk biaya pembuatan becak listrik ini, Ricky mengatakan bahwa biaya yang dikeluarkan tidak besar. Ia cuma membutuhkan biaya investasi Rp 2,5 juta saja untuk penambahan motor listrik, untuk membeli baterai dan juga untuk melakukan modifikasi pada proses dayung dengan menggunakan torque sensor.

Ricky Elson adalah salah satu tim dari pembuat mobil listrik bertajuk Selo dan Gendhis. Julukan Putra Petir pun disematkan oleh Dahlan Iskan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk Ricky dan kawan-kawannya yang bekerja sama dalam membuat mobil listrik tersebut. (rey)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *