Setelah 20 Tahun, Yahoo! Akan Tutup Yahoo Directory

Yahoo!

BojonegoroToday – Cikal bakal berdirinya Yahoo!, Yahoo Directory direncanakan akan ditutup pada tahun ini. Semua klien dan partner yang masih menggunakan layanan Yahoo Directory berbayar akan diberitahu secara langsung dan akan dialihkan ke layanan lainnya.

Alasan ditutupnya Yahoo Directory dikarenakan Yahoo akan fokus ke beberapa proyek dan mengeliminasi proyek yang dianggap kurang prospek, salah satunya adalah Qwiki, yang pada tahun lalu dibelinya seharga $50 juta, dan juga Yahoo Education.

Yahoo! adalah perusahaan raksasa di bidang informasi internet, yang mengawali debut mereka sebagai layanan web directory di tahun 1994. Perusahaan yang didirikan oleh dua mahasiswa Universitas Stanford, Jerry Yang dan David Filo ini awalnya hanya sebagai daftar situs menarik mereka berdua. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang ingin menaruh situsnya pada daftar list tersebut, sehingga akhirnya Yahoo Directory menjadi indeks tersesar situs-situs internet kala itu.

Yahoo! mulai meredup ketika muncul pesaing utamanya, Google. Tahun 2000 merupakan tahun bersinar bagi Google dengan mesin pencarian website otomatis.

“Yahoo ada sejak 20 tahun lalu sebagai direktori website yang membantu pengguna menyusuri internet. Kami masih tetap berkomitmen menghubungkan pengguna dengan informasi yang mereka gemari, bisnis kami telah berevolusi dan pada akhir 2014 (31 Desember 2014) kami akan mempensiunkan Yahoo Directory. Pengiklan akan di-upgrade ke layanan baru, detail lebih lanjut akan dikomunikasikan langsung.”, demikian keterangan SPV Yahoo! Jay Rossiter dalam sebuah laporan pada (26/9/2014). (rey)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *