Pentingnya untuk menjaga dan melestarikan Batik sebagai budaya bangsa

Batik merupakan salah satu  budaya sekaligus ciri khas yang sudah melekat di Negara Indonesia sejak jaman dahulu. Secara halfiah, kata batik sendiri berasal dari dua suku kata jawa, yakni “tik” yang berarti matik/titik (kata kerja dari membuat titik) kemudian seiring berkembangnya zaman berubah menjadi “Batik” (Indonesia Indah “batik” 1997, 14)  Jika di definisikan, batik bisa juga disebut suatu cara untuk menghias sebuah kain dengan cara menutupi bagian-bagian tertentu menggunakan lintang. Zat perintang tersebut kemudian nantinya digambar menggunakan malam kemudian diberikan warna dengan cara dicelupkan, jika sudah begitu tinggal hilangkan malam nya dengan cara merebus kain. Jika semua proses  tersebut sudah selesai, maka akan jadilah sebuah kain yang biasa disebut Batik dengan beragam motif khusus tercorak didalamnya.

 

Sebagai salah satu budaya bangsa yang sudah diwariskan secara turun temurun, alangkah baiknya kita sebagai penerus bangsa dizaman modern ini untuk menjaga dan tetap melestarikan titipan dari nenek moyang tersebut. Jangan sampai perubahan zaman membuat kita melupakan warisan serta karya seni nan elok itu. Karena jika dilihat, batik yang dibuat saat ini semakin mengalami kemajuan dimana motif serta ukiran gambarnya semakin indah. Jika terus ditingkatkan, bisa saja batik menjadi salah satu pakaian yang nantinya akan go internasional dan di kenal publik dari seluruh dunia. Namun cukup disayangkan, jika kita melihat anak muda zaman sekarang yang mana sudah jarang sekali terlihat menggunakan batik.

 

Malah kebanyakan dari mereka lebih menyukai baju-baju lokal ataupun yang bermerk dari luar negeri ketimbang buatan negeri sendiri. Hal itu membuat batik saat ini kebanyakan hanya digunakan oleh ibu-ibu ataupun bapak-bapak diperkantoran saja, sedangkan anak muda sangat sedikit sekali yang menggunakan nya. Meskipun begitu, untungnya sampai saat ini masih banyak pengerajin batik yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Bahkan ada pula sebuah komunitas yang bernama “komunitas batik Indonesia” yang mana para membernya diharuskan untuk memakai pakaian batik. Hal ini bertujuan supaya batik bisa terus dilestarikan dan tidak pudar ataupun tergerus oleh perubahan zaman dari masa ke masa.

You may also like...